Benjolan Di Gusi Saat Hamil

Gusi Bengkak Saat Hamil

Benjolan Di Gusi Saat Hamil – Apakabar sobat blogger kembali bersama saya drg. Adi Pratama. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai benjolan pada gusi pada pasien yang sedang hamil. Pada saat hamil tidak jarang wanita mengeluhkan adanya benjolan pada gusi yang hampir menutupi gigi, dan terkadang juga berdarah saat berbicara. Kondisi seperti ini akan mengganggu kenyamanan pasien dan membuat pasien tidak percaya diri ketika tersenyum.

Benjolan Di Gusi Saat Hamil

Benjolan pada gusi pada saat hamil yang biasa terjadi disebut dengan epulis gravidarum. Ini merupakan salah satu kelainan gusi yang berupa benjolan kecil sampai besar, biasanya menyertai proses kehamilan. Epulis menunjukkan adanya pembesaran jaringan /gusi, sedangkan gravidarum berasal dari kata gravid yang berarti hamil. Dahulu kala belum ada istilah ini, namun berdasarkan data epidemiologi dan etilogi penyakitnya, belakangan diketahui bahwa pembesaran gusi semacam ini sangat terkait dengan kehamilan. Maka kemudian diberi  istilah tersendiri epulis gravidarum, untuk membedakan dengan epulis yang lain seperti epulis fibromatosa yang sama sekali tidak ada kaitan dengan kehamilan.

Salah satu penyebab epulis graviidarum yaitu adanya iritasi kronis yang menimbulkan inflamasi atau radang. Nah, pada kondisi hamil respon inflamasi ini berlebihan sehingga terbentuk pembasaran jaringan yang terus membesar. Ini berbeda dengan kasus gummy smile. Gummny smile juga merupakan pembesaran gusi atau gingival enlargement, baiasanya melibatkan beberapa gigi. Sedangkan epulis umumnya hanya pada satu atau 2 gigi yang berdekatan.

Sebetulnya jika dicermati lebih seksama, epulis dan gingival enlargement sangat berbeda. Epulis bukan merupakan pembesaran gusi, hanya letaknya saja yang berada di gusi bagian tepi. Ia lebih menyerupai “daging” tumbuh atau tumor jinak yang secara klinis maupun histologis tidak sama persis dengan jaringan gusi.  Jika terdapat epulis di daerah gusi, biasanya juga disertai pesaradangan gusi di sekitarnya olah karena di balik daging tumbuh itu akan mudah sekali tertimbun plak gigi. Seperti sudah sering kita sampaikan, plak merupakan penyebab utama radang gusi atau gingivitis.

Pertanyaannya, bagaimana seharusnya penanganan kasus seperti ini? Kas seperti ini dsiobati saja tentu tidak bisa. Sejauh ini tidak ada obat tertentu yang dapat menyembuhkan atau mengempeskan benjolan epulis. Satu-satunya cara yaitu dengan mengambil benjolan tersebut. Tentu saja didahului dengan anestesi atau suntikan patirasa agar pasien tidak merasakan sakit. Operasi pengambilan epulis termasuk bedah minor dan sederhana sekali. Prosesnya cepat mungkin hanya beberapa menit saja. Yang perlu diperhatikan, seluruh bagian epulis tersebut harus terambil hingga bersih supaya tidak tumbuh lagi di lain waktu.

Jadi pasien dipersilahkan untuk datang ke dokter gigi agar mendapatkan penanganan yang tepat dari apa yang sdri keluhkan. Adanya jendolan atau benjolan gusi, memang dapat mengurangi penampilan. Selain terkesan kotor, penderita secara otomatis akan terganggu bila tersenyum atau berbicara. Lebih-lebih jika bejolan tersebut mengelaurkan darah secara spontan. Betul-betul akan menimbulkan persoalan senyuman yang menganggu.

drg. Adi Pratama (Klinik Mitra)
Alamat: Jalan Dr. M. Isa No. 142, Palembang (Sebelah Samsung)
Jadwal: Senin – Sabtu (Pukul: 17.00 – 21.00)
Kontak: 081219169191
Pendaftaran: (0711) 352196

Benjolan Di Gusi Saat Hamil

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *