dokter gigi palembang

Dokter Gigi Palembang Selama Pandemi Covid-19

Dokter Gigi Palembang Selama Pandemi Covid-19. Selamat datang di blog doktergigi.net ini, terutama bagi anda warga Kota Palembang. Mungkin ini adalah artikel pertama saya di tahun 2020, sejak beberapa tahun vakum untuk mengisi artikel di blog ini. Sebelumnya perkenalkan nama saya drg. Adi Pratama, saya adalah warga Kota Palembang, wong asli Palembang. Saat ini saya adalah seorang dokter gigi yang bekerja di Klinik Mitra Palembang. Gelar dokter gigi saya dapatkan dari pendidikan saya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) Yogyakarta.

Dokter Gigi Palembang Selama Pandemi Covid-19

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda Indonesia, bahkan covid-19 ini sudah menjadi masalah besar bagi Dunia, karena hampir semua negara telah terpapar virus ini. Wabah covid-19 ini sudah membuat semua orang menjadi khawatir, karena tingkat penyebarannya yang sangat cepat antar individu. Covid-19 ini dapat menyebar melalui droplet dari orang yang sudah terpapar pada saat individu tersebut batuk, bersin, maupun berbicara.

Dokter Gigi Profesi Paling Beresiko Tertular Covid-19

Penularan melalui droplet (titik air yang mengandung virus corona saat orang tersebut batuk, bersin, atau berbicara) inilah yang membuat profesi dokter gigi menjadi profesi yang paling rentan untuk tertular virus ini. Dokter gigi adalah profesi yang bekerja sangat dekat dengan mulut pasien, ditambah lagi instrumen seperti bur atau scaler akan memicu aerosol. Bayangkan jika pasien yang ditangani adalah pasien yang sedang terinfeksi covid-19, tentunya virus akan menyebar di ruang praktik dokter gigi.

dokter gigi palembang

Dalam kondisi seperti ini, sangat wajar apabila teman sejawat dokter gigi palembang banyak yang takut, dan tidak membuka prakteknya. PB PDGI yang menjadi induk organisasi Dokter Gigi pun memberikan himbauan kepada para anggotanya agar menunda semua tindakan kedokteran gigi, terutama yang dapat menimbulkan aerosol, dan hanya melayani/menerima pasien dengan kegawatdaruratan dental saja (dengan catatan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) level 3). Pelayanan kedokteran gigi yang sifatnya perawatan rutin dan konsultasi hanya dilayani via online.

Penundaan Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Pandemi Covid-19

Keadaan seperti ini lah yang membuat masyarakat Kota Palembang kebingungan untuk melakukan perawatan gigi dan mulut, karena hampir semua pelayanan kesehatan gigi dan mulut tutup, kecuali pelayanan kesehatan gigi dan mulut pemerintah seperti puskesmas dan rumah sakit provinsi/kota/kabupaten.

Secara pribadi saya pun mendapatkan banyak komplain dari pasien-pasien saya yang ingin melakukan perawatan rutin kedokeran gigi. Namun, setelah dijelaskan resiko yang dapat terjadi pada saat perawatan, sebagian besar dari mereka mengerti dan memahami kondisi tersebut.

dokter gigi palembang

Wacana New Normal

Pada saat artikel ini saya tulis, muncul wacana dari pemerintah mengenai “New Normal“. Apa itu New NormalNew Normal dapat kita artikan secara sederhana sebagai kelaziman baru, yang dikatan Presiden Joko Widodo sebagai “berdamai dengan covid-19”, berarti kita harus beradaptasi dengan kehidupan berdampingan bersama virus ini. Tentunya New Normal harus dengan protokol yang baru untuk segala bidang di kehidupan kita, termasuk dalam dunia kedokteran gigi.

dokter gigi palembang

Protokol dan Standar Kedokteran Gigi Kondisi New Normal

Dalam kondisi New Normal,  jangan heran apabila anda melakukan perawatan kedokteran gigi dan menemukan dokter gigi anda berpakai seperti astronot. Karena kedepannya dunia kedokteran gigi akan memiliki protokol dan standar pelayanan yang berbeda. Di tempat saya bekerja pun, sudah mempersiapkan protokol dan standar pelayanan yang baru. Sehingga apabila kondisi New Normal ini diterapkan pemerintah, kami sudah dapat melayani lagi warga Kota Palembang yang membutuhkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

dokter gigi palembang
Klinik Mitra Palembang
Alamat: Jalan Dr. M. Isa No. 142, Palembang (Sebelah Samsung)
Jadwal: Senin – Sabtu (Kecuali Hari Libur)
(Pagi: 09:00-12:00) (Sore: 17.00-20.00)
WhatsApp (WA): 0812 1917 9191

Mungkin sekian artikel singkat dari saya mengenai dokter gigi palembang selama pandemi covid-19, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman warga Kota Palembang. Semoga kita diberikan kesehatan dan Selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.