Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi

Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi

Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi – Halo sobat blogger kali ini kita akan membahas tentang gusi berdarah saat sikat gigi. Keluarnya darah pada saat kita menggosok gigi ini merupakan suatu pertanda bahwa gusi sobat blogger sedang mengalami masalah. Nah, setelah sobat blogger mengetahui kondisi ini sebaiknya segera memeriksakan kondisi gigi sobat ke dokter gigi agar tidak berdampak buruk bagi sobat blogger.

Gusi Berdarah

Perlu kita ketahui bahwa berdarahnya gusi saat sikat gigi itu diakibatkan oleh pembengkakan yang terjadi di gusi. Pada saat gusi membengkak, vaskularisasi pada gusi akan bertambah, dapat terlihat kondisi gusi kita terlihat kemerahan dan  membesar. Pada kondisi seperti ini, trauma kecil saja pada saat sikat gigi akan menimbulkan perdarahan pada gusi kita.

Pembengkakan pada gusi dalam dunia kedokteran disebut dengan nama gingivitis. Gingivitis merupakan proses peradangan didalam jaringan periodonsium yang terbatas pada gusi, yang disebabkan oleh mikroorganisme yaang membentuk suatu koloni serta membentuk plak gigi yang melekat pada tepi gusi.

Namun peradangan gusi tidak selalu disebabkan oleh akumulasi plak pada permukaan gigi, dan peradangan gusi yang tidak disebabkan oleh plak sering memperlihatkan gambaran klinis yang khas. Keadaan ini dapat disebabkan beberapa penyebab, seperti infeksi bakteri spesifik, infeksi virus atau jamur yang tidak  berhubungan dengan peradangan gusi yang berhubungan dengan plak dan peradangan gusi karena faktor genetik.

Alergi dan trauma merupakan contoh lain dari peradangan gusi yang tidak disebabkan oleh faktor non-plak. Selain faktor plak dan non-plak peradangan gusi juga disebabkan oleh karena gangguan sistemik dengan perdarahan spontan atau setelah teriritasi. Perdarahannya eksesif dan sulit dikontrol. Adapula karena penggunaan obat tertentu, alergi, terapi radiasi, siklus menstruasi, dan genetik. Keparahan peradangan gusi akan terus berlanjut akibat penumpukan plak, apabila kebersihan rongga mulut tidak dipelihara.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi

  • Kebersihan gigi dan mulut yang baik merupakan langkah utama untuk meminimalisir gusi berdarah. Kunjungi dokter gigi dua kali setahun. Dokter gigi akan memberitahu jika ada gingivitis dan mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut jika gusi sedang meradang, terutama jika mengalami gusi berdarah setelah menyikat gigi.
  • Jika sudah demikian namun tetap terjadi gusi berdarah, maka pemeriksaan lanjutan apakah ada penyebab sistemik harus dijadwalkan.
  • Terlepas dari penyebab yang tercantum di atas, mungkin ada lebih banyak penyebab lainnya seperti penggunaan tembakau (merokok dan nginang), stres, terapi radiasi, HIV dll yang semuanya pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit gusi dan gusi berdarah dan ini harus didentifikasi dan diatasi.

Nah sobat blogger itu tadi penjelasan singkat dari saya tentang gusi berdarah saat sikat gigi, semoga dapat bermanfaat bagi sobat blogger.

 

drg. Adi Pratama (Klinik Mitra)
Alamat: Jalan Dr. M. Isa No. 142, Palembang (Sebelah Samsung)
Jadwal: Senin – Sabtu (Pukul: 17.00 – 21.00)
Kontak: 081219169191
Pendaftaran: (0711) 352196

Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *