Klasifikasi Karies Gigi Menurut G. V. Black

Klasifikasi Karies Gigi

Karies G. V. Black

Klasifikasi Karies Gigi Menurut G. V. Black – Halo sobat blogger kembali bersama saya drg. Adi Pratama, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai karies atau gigi berlubang. Yang akann kita bahas kali ini adalah klasifikasi karies itu sendiri berdasarkan letaknya menurut G.V. Black. Klasifikasi karies menurut G. V. Black adalah klasifikasi karies yang paling umum digunakan di dunia kedokteran gigi.

Walaupun sudah sering kita gunakan bahkan dari saat mahasiswa dahulu, namun mungkin ada beberapa sobat blogger yang masih lupa dengan beberapa penggolongan karies ini. Untuk itusaya akan menjelaskan kembali tentang klasifikasi kariesn menurut G. V. Black ini disertai lokasi karies setiap klas nya. Berikut penggolongannya, anda dapat melihat pada gambar di bawah ini beserta penjelasannya:

Klasifikasi Karies Gigi Menurut G. V. Black

Kelas I
Karies pada permukaan occlusal yaitu pada 2/3 occlusal, baik pada permukaan labial/lingual/palatal dari gigi-geligi dan juga karies yang terdapat pada permukaan lingual gigi-geligi depan.

Kelas II
Karies yang terdapat pada permukaan proximal dari gigi-geligi belakang temasuk karies yang menjalar ke permukan occlusalnya.

Kelas III
Karies yang terdapat pada permukaan proximal dari gigi-geligi depan dan belum mengenai incisal edge.

Kelas IV
Karies pada permukaan proximal gigi-geligi depan dan telah mengenai incisal edge.

Kelas V
Karies yang terdapat pada 1/3 cervical dari permukaan buccal/labial atau lingual palatinal dari seluruh gigi-geligi

Kelas VI
Karies yang terdapat pada daerah incisal edge gigi depan atau pada ujung cups dari gigi belakang

Nah, gimana sobat blogger sudah ingat kembali kan!? Saya kira penjelasan setiap kelas di atas akan cukup mudah diingat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. Sebagai informasi bagi masyarakat umum, karies adalah lubang pada gigi yang akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Penanganan karies gigi adalah dengan penambalan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi. Membiarkan karies pada gigi lama-kelamaan akan menimbulkan kerusakan gigi yang semakin luas hingga menimbulkan sakit gigi bahkan hilangnya gigi.

Klasifikasi Karies Gigi Menurut G. V. Black

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *