Penyebab Gigi Goyah Di Usia Dini

Penyebab Gigi Menjadi Goyah Di Usia Dini

Agar Gigi Tidak Goyah, Akibat Gigi Goyah, Apa Penyebab Gigi Goyah, Atasi Gigi Goyah, Cara Memperbaiki Gigi Goyah, Cara Memperkuat Gigi Goyah

Penyebab Gigi Goyah Di Usia Dini – Gigi goyah umumnya dikarenakan ada masalah pada fondasinya, yaitu tulang di sekeliling akar gigi. Untuk diketahui, gigi kita tertanam kokoh di dalam tulang dengan diperhubungkan oleh banyak sekali serabut halus yang dinamakan serabut periodontal (periodontal ). Jika ada masalah pada tulang alveolar di sekeliling gigi, misalnya  terjadi kemerosotan atau katakanlah keausan (resobrsi) maka sudah pasti akan mengalami kegoyahan.  Jadi gigi menjadi goyah akibat kehilangan tulang pendukung. Penyabab lainnya adalah perluasan radang dari gusi ke struktur yang lebih dalam,  sehingga serabut penguat di sekeliling gigi menjadi kendur atau bahkan rusak. Ini biasanya akibat kurang baik dalam menjaga kebersihan gigi  dan mulut.

Gigi Goyah

Faktor penyebab lain yaitu adanya benturan pengunyahan (traumatik oklusi).  Benturan pengunyahan ini seringkali tidak dirasakan oleh pasien. Tidak ada rasa sakit. Keluhan yang mungkin hanyalah rasa tidak nyaman saat gigi-gigi itu dipakai untuk mengunyah makanan. Rasanya seperti menabrak atau membentur duluan. Dalam waktu lama benturan pengunyahan atau traumatic oklusi ini akan menyebabkan rusaknya serabut di sekeliling gigi dan tulang pendukung gigi. Akibtanya gigi akan menjadi goyah. Beberapa penyakit sistemik juga diketahui berpengaruh terhadap kegoyahan gigi. Contohnya penyakit gula atau DM.  Pengidap DM terutama yang tidak terkontrol  umumnya diserati komplikasi gigi-gigi goyah hingga terlepas sendiri. Tidak selalu disertai rasa sakit yang terus menerus. Mungkin sakit sebentar, lalu sembuh dan kumat-kumatan.

Apakah gigi goyah bisa lepas sendiri sebagaimana gigi anak-anak? Tergantung penyebab dan tingkat kegoyahannya. Tetepi mekanisme terlepasnya gigi antara gigi dewasa dan gigi anak sangat berbeda. Pada anak-anak, gigi menjadi goyah karena akarnya menyusut secara alamiah. Sedangkan pada gigi dewasa tidak terjadi penyusutan akar gigi. Yang menyusut justru tulang pendukung gigi yang berfungsi sebagai fondasi gigi. Mana dari berbagai faktor di atas yang menjadi penyebab goyahnya gigi sdr? Sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara cermat, juga diperlukan foto rontgen.  Apa yang harus dilakukan ? Tidak usah khawatir, gigi goyah tidak selalu harus berakhir pada pencabutan. Bisa saja dilakukan penguatan gigi goyah dengan cara dilekatkan pada gigi-gigi terdekat yang relatif kokoh. Perawatan ini dinamakan splinting. Gigi langsung akan menjadi stabil lagi. Setelah itu, barulah dilanjutkan dengan pebaikan fondasi gigi. Mungkin bila perlu dengan penambahan cangkok tulang (bone graft).

Bahwa anda merasa sudah rajin mebersihkan gigi, itu bagus. Tetapi menyikat gigi saja belum cukup. Apalagi jika sudah mulai terdapat karang gigi yang terselip dibalik gusi. Inilah yang menjadi sumber keradangan yang dapat berlanjut sampai kegoyahan gigi. Oleh karena itu, hendaknya tertib dan teratur membersihkan  gigi ke dokter gigi, paling tidak 6 bulan sekali. Sekali lagi, segera saja diperiksakan karena goyahnya gigi Anda terjadi di usia relatif muda.

 

Penyebab Gigi Goyah Di Usia Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.