Resep Obat Sakit Gigi

Resep Obat Sakit Gigi

Resep Obat Sakit Gigi – Apa kabar sobat blogger? Sepertinya sobat blogger bisa sampai ke halaman website saya ini dikarenakan memiliki masalah dengan kesehatan gigi dan memerlukan informasi mengenai resep obat sakit gigi. Seperti kita ketahui bahwa sakit gigi itu sangat menyakitkan dan dapat memberikan efek terganggunya berbagai aktifitas sehari-hari kita. Gigi yang sakit akan membuat kita tidak nafsu makan, lebih sensitif terhadap bunyi-bunyian, dan lebih cepat marah. Oleh karena itu sakit gigi perlu penanganan yang serius.

Sakit Gigi karena Gigi Berlubang
Resep Obat Sakit Gigi

Gigi berlubang merupakan faktor utama pemicu terjadinya sakit gigi. Gigi yang berlubang akan menyebabkan peradangan pada saraf gigi. Peradangan ini biasanya ditandai dengan rasa sakit pada saat makan atau minum minuman yang dingin, atau dengan adanya rangsang suhu. Peradangan pada saraf gigi ini apabila tidak kita tanggulangi dengan ke perawatan ke dokter gigi akan menyebabkan gigi menjadi “mati” dan terjadinya infeksi kuman pada gigi. Infeksi pada gigi tersebut lama kelamaan akan menyebar ke jaringan sekitar gigi, dapat membuat gusi menjadi bengkak, dan terkadang terjadi akumulasi nanah pada sekitar gigi yang bersangkutan.

Kenapa sakit gigi begitu menyiksa? Kita ketahui bahwa gigi adalah jaringan keras, dan peradangan dan infeksi bakteri terjadi pada saraf gigi yang termasuk jaringan lunak. Nah, bila saraf ini menjadi radang, maka secara otomatis jaringan ini akan membesar kan? Tetapi jaringan saraf ini tertahan jaringan gigi yang berupa jaringan keras. Analoginya bisa sobat blogger bayangkan seperti balon yang kita tiup di dalam botol kaca, maka semakin balon membesar maka tekanannya akan tertuju ke segala arah. Inilah yang menyebabkan sakit gigi terasa menyiksa.

Antibiotik Untuk Sakit Gigi

Resep Obat Sakit Gigi

Untuk mengatasi sakit gigi, dokter gigi biasanya memberkan beberapa resep obat sakit gigi kepada pasiennya, dan salah satunya adalah obat antibiotik. Antibiotik adalah obat yang biasa digunakan untuk mengatasi infeksi dari bakteri. Antibiotik ini dibagi dalam beberapa golongan, dan biasanya penggunaan antibiotik ini tergantung dari jenis bakteri yang menginfeksi.

Untuk mengatasi sakit gigi, antibiotik secara umum yang biasa diberikan oleh dokter gigi adalah amoxicillin. Dokter gigi biasanya memberikan antibiotik amoxicillin ini pada orang dewasa dengan dosis 500mg sebanyak 10 tablet dan diminum 3x dalam sehari dengan rentang waktu setiap 8jam sekali. Dalam mengkonsumsi antibiotik sebaiknya kita menghabisnya semua obatnya sesuai resep walaupun sakit gigi telah reda. Kenapa? Karena bila kita tidak menghabiskan semuanya akan menyebabkan resitensi bakeri.

Analgetik Untuk Sakit Gigi

Resep Obat Sakit Gigi

Analgetik adalah suatu golongan obat yang biasa digunakan untuk menghilangkan atau meredakan suatu nyeri tanpa menghilangkan kesadaran. Pada kondisi sakit gigi dan terasasangat menyiksa kita, diperlukan suatu obat yang dapat mengatasi nyeri tersebut.

Analgetik yang sudah sangat familiar di masyarakat untuk mengatasi sakit gigi adalah ponstan.  Ponstan sendiri memiliki kandungan asam mefenamat sebanyak 500mg. Obat analgetik dengan bahan asam mefenamat biasanya dikonsumsi ketika gigi kita terasa sakit saja, dan biasanya dokter gigi tidak memberikan obat ini pada pasien yang memiliki masalah di lambung seperti maag. Bagi anda yang memiliki masalah lambung dapat anda ganti dengan menggunakan paracetamol ( efek analgetiknya lebih kecil ) dengan pemakaian yang sama.

Resep obat sakit gigi di atas sebaiknya dipakai apabila anda alam keadaan terdesak saja. Akan lebih baik jika anda memeriksakan kondisi gigi anda ke dokter gigi, sehingga anda akan mendapatkan perawatan yang lebih tepat. Untuk wilayah jogja anda dapat mengunjungi praktek dokter gigi berikut: drg. Adi Pratama

Resep Obat Sakit Gigi Tradisional

Bagi anda yang ingin mengobati sakit gigi dengan cara tradisional berikut saya sertakan beberapa obat herbal dan cara pemakaianya untuk mengatasi sakti gigi:

1. Daun Inggu Kering
Resep Obat Sakit Gigi
Bahan: 2 – 4 gram daun inggu kering dan 2 cangkir (ukuran sedang) air bersih.
Cara pengobatan: Rebus daun inggu kering ke dalam panci yang terisi 2 gelas air sampai mendidih. Saring air dari daunnya, kemudian tunggu hangat dan gunakan ramuan untuk berkumur beberapa kali.

 

2. Minyak Batok Kelapa
resep obat sakit gigi
Bahan: Batok kelapa yang telah terbagi dua dan kapas secukupnya.
Cara pengobatan: Ambil satu bagian batok kelapa, kemudian bakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa menggunakan kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Sehabis itu Anda akan kaget karena reaksi dari obat ini cukup cepat, rasa sakit pada gigi akan hilang hanya dalam beberapa menit.

 

3. Daun Sirih dan Cengkeh
resep obat sakit gigi
Bahan: Daun sirih dan cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Rebus kedua bahan, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Jika Anda merasa belum mampu membuat ramuan ini, obat kumur dari campuran cengkeh dan daun sirih ini bisa Anda beli di pasar.

 

4. Bawang Putih
resep obat sakit gigi
Bahan: Bawang putih (1 butir).
Cara pengobatan: Kupas kulit luar bawang putih, setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang sakit.
Cara pengobatan 2: Cuci bawang putih dengan air hangat. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

 

5. Minyak Cengkeh
resep obat sakit gigi
Bahan: Minyak cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat.

 

6. Bunga Matahari
resep obat sakit gigi
Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air jernih (600 cc).
Cara pengobatan: Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air sampai mendidih dan air tersisa 300 cc. Saring air rebusan dan minum obat herbal sakit gigi ini selagi hangat.

 

7. Asam Jawa (Obat Penyembuh Karang Gigi)
resep obat sakit gigi
Bahan: Biji asam jawa secukupnya.
Cara pengobatan: Goreng tanpa minyak (sangrai) biji asam jawa, sehabis itu ditumbuk sampai lembut. Masukkan biji asam jawa yang telah halus pada kain, kemudian gosok pada gigi yang berlubang.

 

8. Biji Jarak Cina
resep obat sakit gigi
Bahan: 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas.
Cara pengobatan: Giling atau tumbuk biji jarak cina sampai benar-benar halus, seduh dalam satu gelas air panas dan aduk. Saring airnya, tunggu dingin, terakhir gunakan air untuk berkumur.

 

9. Daun Cengkeh
resep obat sakit gigi
Bahan: Daun cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Cuci daun cengkeh, seduh dalam seelas air panas, kemudian lumatkan daun cengkeh. Gunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang halus, kemudian tempelkan kapas pada air hasil perasan. Tempel dan gosok kapas pada gigi yang sakit (berlubang).

 

10. Teh Hangat (Tanpa Gula)
resep obat sakit gigi
Bahan: Satu gelas teh hangat tanpa gula.
Cara pengobatan: Gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelahnya letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.

 

11. Cabe Rawit
resep obat sakit gigi
Bahan: Cabe rawit hijau atau merah secukupnya.
Cara pengobatan: Tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dalam air panas. Kenai kapas dengan air seduhan cabai rawit, kemudian tempel pada gigi yang sakit. Bisa juga untuk berkumur.

 

12. Getah Jarak
resep obat sakit gigi
Bahan: Getah tanaman jarak secukupnya.
Cara pengobatan: Teteskan sedikit demi sedikit getah jarak pada gigi yang berlubang, atau bisa juga gunakan kapas untuk diselipkan pada gigi yang berlubang.

 

13. Akar Meniran
resep obat sakit gigi
Bahan: Akar meniran (5 gram).
Cara pengobatan: Bersihkan akar meniran, kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dengan air biasa, dan istirahatlah.

 

14. Akar Kangkung
resep obat sakit gigi
Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka.
Cara pengobatan: Aliri (bersihkan) akar kangkung, kemudian rebus dalam segelas air dan tambahkan 1/2 sdt cuka. Air rebusan yang sudah agak dingin digunakan untuk berkumur.

 

15. Serai
resep obat sakit gigi
Bahan: Sereh atau sirih (40 gram), air matang (2 gelas).
Cara pengobatan: Rebus semua sereh dalam 2 gelas air sampai mendidih dan air berkurang satu gelas. Gunakan obat ini untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi hilang.

 

Bagaimana sobat blogger untuk resep obat sakit gigi tradisional di atas cukup mudah kan kita temui!?

 

 Sekian sobat blogger artikel singkat dari saya tentang resep oobat sakit gigi, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi sobat blogger. Terimakasih dan cepat sembuh ya…
drg. Adi Pratama (Klinik Mitra)
Alamat: Jalan Dr. M. Isa No. 142, Palembang (Sebelah Samsung)
Jadwal: Senin – Sabtu (Pukul: 17.00 – 21.00)
Kontak: 081219169191
Pendaftaran: (0711) 352196
Resep Obat Sakit Gigi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *